Video youtube itu sudah buka rahasia lagi sebagai sumber traffic dengan potensi yang hampir tanpa batas. Menariknya, menurut Google, hampil lebih dari 100 jam video yang telah diunggah ke situs setiap menit. Bayangkan banyaknya video yang diupload dalam 1 hari ?

Berdasarkan kondisi diatas, begitu banjirnya video youtube yang diupload, berarti harus mampu bersaing dengan video video lainnya, agar video yang diupload banyak ditonton dan menjadi sumber traffic bagi website Anda. Bagaimana caranya ?
Jawabannya? SEO Video.

Video Youtube Ranking Factor

Banyak yang mempengaruhi faktor peringkat dari sebuah video yang diupload ke youtube, yang digambarkan sebagai berikut :

video marketing, youtube videos, internet marketing, google youtube video, seo blog, johnny seo, seo score, youtube backlink, seo friendly, seo blogspot, seo centro, forum seo, video optimizer, seo serp, seo template, get video youtube, seopressor, vidiq boost, seo video youtube, description youtube, seo youtube tool, seo untuk youtube, hurt youtube, rank youtube, seo youtuber, tag finder youtube
Dengan melihat gambar, jelas sangat banyak informasi yang harus diolah. Karenanya, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah informasi paling penting yang digunakan YouTube, yakni :

  • Informasi judul yang mengandung keyword pencarian
  • Kata kunci yang harus tertanan dalam deskripsi
  • Tag yang sesuai dengan keyword pencarian
  • Komentar penonton
  • lamanya pemutaran video
  • Jumlah penonton yang menyaksikan video
  • Jumlah pelanggan yang menyaksikan video
  • Komposisi Suka dan tidak suka pada video Anda

Poin diatas merupakan faktor penentu banyaknya traffic menuju video Anda dan terakhir akan bermanfaat sebagai backlink ke situs Anda.
Apa saja yang harus dilakukan ?, mari ikuti tahapannya :

Tulis Deskripsi Video yang Sangat Panjang

Perlu diketahui, sampai saat ini mesih YouTube dan Google tidak dapat menonton atau mendengarkan video Anda, mungkin beberapa tahun kedepan bisa.
Hal ini berarti sangat bergantung pada teks deskripsi Video, semakin banyak YouTube tahu tentang video melalui deskripsi, maka semakin baik peringkatnya. Caranya, cek SEO onpage

Gunakan Kata Kunci Khusus Youtube

Google memberikan previlage untuk youtube menggunakan kata kunci tertentu. Contoh “Kucing Lucu”. Kata kunci ini lebih banyak menghasilkan pencarian video dari pada pencarian google. Kesimpulannya, sebelum memutuskan kata kunci untuk video, periksa apakah ada hasil video di halaman pertama. Jika ya, itu adalah kata kunci yang harus Anda pertimbangkan karena Anda berpotensi mendapatkan peringkat video Anda di Google dan YouTube.

Gunakan Social Media Backlink

Dapatkan banyak penonton dengan melakukan youtube embed dibeberapa situs social media, seperti facebook, vkontakte, twitter dan lain lain. Harapannya jumlah dan kualitas penayangan video yang menjadi salah satu faktor peringkat YouTube dapat diraih.

Pastikan Penonton Video, Berlangganan Channel Youtube Anda

Ketika seseorang menyukai video Anda dan ditindak lanjuti berlangganan setelah menontonnya, ia mengirim pesan yang kuat ke YouTube bahwa Anda memiliki video yang sangat baik. Diakhir video, ajaklah orang untuk subscribe ke Channel Anda.

Buat Daftar Putar Video Anda

Jangan biarkan saluran YouTube Anda berantakan yang tidak terorganisir. Buat playlist / daftar putar sesuai kategori berdasarkan keyword pencarian.
Demikian sebagian teknik video marketing dengan memanfaatkan kelebihan dari youtube.
Yuk, dilanjutkan dengan ritual sedekah untuk mendapatkan tiket pembelajaran full praktek Pelatihan Internet Marketing.